Cara Memperbaiki Flashdisk yang rusak Studi Kasus : Format Sytem RAW ke FAT32 ( jika di colokin minta format terus)

Muhammad Nopran
3

Hai sahabat hari ini saya lagi iseng karena gak ada kerjaan ( eh tapi banyak sih ) *geje.
Kali ini akan saya berikan tips agar USB Flashdisk yang kita colokin pada komputer tidak terus meminta untuk diformat kayak gini. Karena hal ini maka data yang di flashdisk sobat akan ikut terformat, tapi jangan khwatir masih ada cara mengembalikan nya lihat di postingan blog saya disini.




Nah langsung saja kita perbaiki ikuti langkah berikut ini :

1. Buka CMD Prompt dengan cara tekan tombol windows ( yang gambar windows di keybord) + Tombol R. Kemudian akan muncul RUN selanjutnya ketik cmd pada RUN seperti ini :




2. Maka akan muncul jendela CMD Prompt :


3.   Colokin Flashdisk nya kemudian kita lihat letak local disk nya. Lihat di windows explorer ( tekan tombol windows + tombol E)
4. Kita lihat gambar diatas bahwah flashdisk saya ada dilocaldisk I

 
5.  Kita kembali lagi pada command prompt lalu kita ketikan kode berikut 
 format [drive:] /fs:fat32 /v “ catatan : [drive:]sesuai dengan flashdisk sobat dimanan kalo saya di I jadi seprti ini “format I: /fs:fat32 /v”. Kemudian tekan enter maka akan muncul jendela proses seperti ini. Tunggu sampai selesai ( memerlukan waktu cukup lama).

 

6. Setelah selesai tekan Y kemudian maka akan muncul seperti berikut :

 

7. Close pada jendela command prompt dan Flashdisk sobat dapat berjalan lagi secara normal ( gak minta di format lagi, format lagi. ) . 

Daftar Referensi :
https://syafrurrizal.wordpress.com/2014/11/30/mengubah-format-flash-disk-dari-raw-ke-fat32/
https://jalantikus.com/assets/files/userfiles/old/jan2014/fd-minta-format1.gif


Semoga Bermanfaat :)

Posting Komentar

3Komentar

  1. Kenapa punya saya nunggunya lama banget? Tetep ditunggu aja gpp kan?

    BalasHapus
  2. Data nya ilang gak ya? Mau coba takut bgt datanya ilang 😭

    BalasHapus
  3. Trims ya infonya, bermanfaat sekali.
    Boleh dong kunjungan baliknya ke tulisan terbaru saya di Cara Memformat Flashdisk dengan Cepat atau Cek https://www.agres.id

    BalasHapus
Posting Komentar