BELAJAR HTML PART 3

Ahmad Maulidi Roofiad
0

 




12. Tautan Internal: Selain tautan eksternal, Anda juga dapat membuat tautan internal di dalam halaman web Anda. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan atribut `href` dengan menentukan ID elemen target menggunakan tanda pagar (#). Contoh:

<a href="#section1">Ke Bagian 1</a>

Anda dapat menentukan ID elemen target dengan menggunakan atribut `id` pada elemen tersebut. Contoh:

<h2 id="section1">Bagian 1</h2>


13. Audio dan Video: HTML juga mendukung penambahan audio dan video pada halaman web. Untuk memasukkan audio, Anda dapat menggunakan tag `<audio>` dan untuk video, Anda dapat menggunakan tag `<video>`. Anda dapat menentukan sumber audio atau video menggunakan atribut `src`. Contoh:

<audio src="audio.mp3" controls></audio>

<video src="video.mp4" controls></video>


14. Elemen Semantik: HTML menyediakan elemen-elemen semantik yang memberikan arti dan konteks tertentu pada struktur halaman web. Beberapa elemen semantik umum termasuk `<header>`, `<nav>`, `<main>`, `<article>`, `<section>`, `<aside>`, dan `<footer>`. Penggunaan elemen semantik ini membantu mesin pencari dan teknologi bantu untuk memahami struktur halaman Anda dengan lebih baik.

<header>
  <h1>Logo dan judul situs</h1>
  <nav>
    <ul>
      <li><a href="#">Beranda</a></li>
      <li><a href="#">Tentang</a></li>
      <li><a href="#">Kontak</a></li>
    </ul>
  </nav>
</header>

<main>
  <article>
    <h2>Judul Artikel</h2>
    <p>Isi artikel...</p>
  </article>

  <section>
    <h3>Bagian 1</h3>
    <p>Konten bagian 1...</p>
  </section>

  <section>
    <h3>Bagian 2</h3>
    <p>Konten bagian 2...</p>
  </section>
</main>

<footer>
  <p>Hak Cipta &copy; 2023 Nama Situs</p>
</footer>


15. Validasi HTML: Penting untuk memastikan kode HTML Anda valid agar dapat diinterpretasikan dan ditampilkan dengan benar oleh browser. Anda dapat memvalidasi kode HTML Anda menggunakan alat seperti W3C Markup Validation Service.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang tag dan elemen HTML, serta penerapan prinsip-prinsip semantik, Anda dapat mengembangkan halaman web yang lebih struktural dan mudah dimengerti. Terus eksplorasi dan praktiklah untuk memperkuat pemahaman Anda dalam membangun halaman web dengan HTML.

Tetap ingat bahwa HTML adalah bagian dari teknologi web yang lebih luas, dan Anda dapat mempelajari CSS (Cascading Style Sheets) untuk mengatur tampilan dan layout halaman web, serta JavaScript untuk menambahkan interaktivitas dan fungsi dinamis.


KAMI JUGA MENYEDIAKAN TUTOR BEPENGALAMAN DENGAN KONSULTASI GRATIS DALAM DUNIA PEMROGRAMAN, DATABASE DAN LAINYA SILAHKAN HUB. KE WA : 082125932723 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)