Mengenal Bagian - Bagian Adobe Flash CS 2017

Muhammad Nopran
1


Nah kali ini saya akan membat resume yang disuruh sama asdos mulmedia saya yaitu disuruh mencari dan menjelaskan soal - soal berikut. akhirnya tidak beberapa lama saya buka laptop dan saya langsung "main game" bukan lansung cari tugas nya. tapi saya harus tahu dulu apa itu flash cs 4. Baiklah langsung saya jelaskan saja flash cs 4 merupakan generasi ke 4 dari adobe flash yang sebelumnya kita kenal maromedia flash.
Flash Cs 4 merupakan program aplikasi untuk membuat animasi atau memdia pembelajran yang interaktif. gak cuma bikin animasi aja flash juga digunakkan untuk membuat game, presentasi ..wah...."Kebetulan saya ada tugas bikin presentasi".
nah selanjutnya kita akan membahas bagian - bagian dari flash. lihat dan cermati tulisan dibawah ini oke.
  1. Jelaskan fungsi dari bagian workspace berikut beserta fungsinya
    •    Stage.  adalah area kerja tempat Anda membuat objek, memodifikasi dan membuat.
    •   animasi    timeline library.
                adalah tempat pengaturan waktu dan durasi dari suatu animasi.
    • Action dan properties
              Pemberian action merupakan lagkah terakhir dalam pembuatan 
               interaksi antarobjek Action dibagi menjadi dua antara lain: 
    a) Action Frame: adalah action yang diberikan pada keyframe. Sebuah keyframe akan ditandai dengan huruf a bila pada keyframe tersebut terdapat sebuah action.
    b) Action Objek: adalah action yang diberikan pada sebuah objek, baik berupa tombol maupun movie clip.
               Properties = “Tempat pengaturan / penyesuain dari suatu objek
  2.   Jelaskan istilah berikut :
    ·         Single keyframe dan frame

    -Single key frame adalah adalah simbol unik yang belum berisi objek-Frame adalah merupakan kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu sehingga gambar terkesan bergerak

    ·         Motion tweened frame
    Adalah Motion tween tidak hanya berguna untuk menggerakkan groups, simbol, atau teks yang dapat diedit dari satu tempat ke tempat lain. Motion tween menolong Anda untuk merubah ukuran, memutar, merubah warna dan transparansi simbol

    ·         Shape tweened frame
    Adalah Shape tweening berguna untuk mengubah bentuk. Flash hanya dapat mengubah bentuk,jadi jangan mencoba untuk melakukan Shape tween untuk group, symbol, atau teks.

    ·         Labeled frame
    Adalah Penanda bagi frame.

    ·         Scripted frame
    adlah fram khusus menggunakan script.
  3. Sebutkan Jelaskan isi dari tiap bagian Tools Panel beserta fungsinya:
    Tools Area
    Tools Area adalah sekumpulan  alat yang mempunyai fungsi-fungsi tersendiri untuk keperluan desain). Berikut penjelasan setiap tool yang terdapat pada Toolbox .

    1. Arrow Tool, Arrow Tool atau sering disebut selection tool berfungsi untuk memilih atau menyeleksi suatu objek.

    2. Subselection Tool, berfungsi menyeleksi bagian objek lebih detail dari pada selection tool.

    3. Free Transform Tool, berfungsi untuk mentransformasi objek yang terseleksi.

    4. Lasso Tool, berfungsi untuk memotong gambar secara manual.

    5. Pen Tool digunakan untuk menggambar garis dengan bantuan titik-titik bantu seperti dalam pembuatan garis, kurva atau gambar.

    6. Text Tool digunakan untuk membuat objek teks

    7. Line Tool digunakan untuk membuat atau menggambar garis.

    8. Oval Tool digunakan untuk menggambar bentuk lingkaran atau elips.

    9. Pencil Tool digunakan untuk membuat garis.

    10. Brush Tool digunakan untuk menggambar bentuk garis-garis dan bentuk-bentuk bebas.

    11. Ink Bottle tool digunakan untuk mengisi/mengganti Stroke(garis luar) suatu objek.

    12. Paintbucket Tool digunakan untuk mengisi area-area kosong atau digunakan untuk mengubah warna area sebuah objek yang telah diwarnai.

    13. Eye Dropper Tool digunakan untuk mengambil sampel warna.

    14. Eraser Tool digunakan untuk menghapus objek.

    15. Hand Tool digunakan untuk menggeser tampilan stage tanpa mengubah pembesaran.

    16. Zoom Tool digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan stage.

    17. Stroke Color digunakan untuk memilih atau memberi warna pada suatu garis.

    18. Fill Color digunakan untuk memilih atau memberi warna pada suatu objek.

    19. Swap Color digunakan untuk menukar warna fill dan stroke atau sebaliknya dari suatu gambar atau objek.

         ·     
    View Area adalah tempat dimana kita melihat hasil kerja kita.
    ·     Colors Area adalah tempat untuk mengatur pewarnaan objek.
    ·     Option Area adalah pengaturan tertentu untuk sebuah objek.

  4.    Perbedaan Static Teks, Dinamic Teks dan Input Teks?

    • Static teks : static text biasa nya digunakan untuk judul, label, atau konten lain yang muncul dalam dokumen.

    • Dinamic text : digunkan untuk text yang berubah ubah atau animasi.
    • Input teks : Teks untuk menerima masukkan dari user yang selanjutnya diproses.


  5. 1.     Perbedaan Static Teks, Dinamic Teks dan Input Teks?

    Static teks : static text biasa nya digunakan untuk judul, label, atau konten lain yang muncul dalam dokumen.

    Dinamic text : digunkan untuk text yang berubah ubah atau animasi.

    Input teks : Teks untuk menerima masukkan dari user yang selanjutnya diproses.

    2.    Apa itu Breaking Teks Apart? Apakah fungsinya? Dan bagaimana cara membuatnya?
    Breaking Teks Apart adalah perintah untuk memisahkan objek yang telah di-combine menjadi beberapa objek.
    Funsinya yaitu memisah objek dalam beberapa bagian.
    Cara membuat Breaking Teks Apart :


    1.     Pertama kita bikin dulu objeknya misalnya tulisan menggunakkan Text tool  seperti berikut :




    2. Terus pilih  dan pilih objek.
    3. Terus klik kanan pada objekterus pilih break apart

    4. Maka terbentuk lah teks satu – satu memisah.
    5.Selesai



  6.      Apa itu Linking Teks ? Bagaimana Membuat Linking Teks ke sebuah URL?
    - Lingking teks adalah teks yang memiliki sambungan langsung ke suatu target atau alamat.
    Cara membuat Lingking Text  :
    1.Pertama kita buat text yang akan dijadikan link 
     
    2. Pilih Properties di bagian kanan Terus pilih Options dan isikan link / alamat yang akan dituju. 
  7. Jelaskan perbedaan Bitmap dan Vektor?
     Perbedaan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap
     Vektor
    1. Gambar tetap jelas ketika di perbesar
    2. Ukuran File yang dihasilkan kecil
    3. Tersusun oleh garis dan kurva
    4. Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel
     Bitmap
    1. Gambar kurang jelas ketika di perbesar
    2. Ukuran File yang dihasilkan besar
    3. Tersusun atas titik-titik/dot
    4. Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel
8. Jelaskan perbedaan Motion Tween dan Shape Tween?
Motion Tween adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. sebagai contoh anda ingin menggerakan suatu bola dari kiri ke kanan, dengan adanya motion tween kita bisa menggunakan sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek, untuk contoh animasi Tween bisa anda lihat gambar dibawah ini.

Shape Tween adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. untuk Shape Tween objek yang dianimasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan motion Tween.


9. Jelaskan Fungsi tipe simbol berikut:
·         Tipe Simbol Graphic
GRAPHIC
Graphic adalah salah satu type symbol yang fungsinya sama dengan movie clip hanya saja graphic tidak bisa dimasuki actionscript.
·         Tipe symbol Movie Clip
Movie clip adalah salah satu type dari symbol. Movie clip digunakan untuk membuat objek agar dapat menggunakan beberapa fasilitas dari flash seperti animasi tween, masking, guide selain itu dengan dijadikannya suatu objek menjadi movie clip maka objek tersebut dapat di beri actionscript.
·         Tipe Simbol Button
Button adalah salah satu type dari symbol. Button digunakan untuk membuat tombol di flash.
·         Tweening pada symbol yaitu symbol mempunyai tween tertentu yang dapat dipakai. 
10. Jelaskan format Publising Flash Movie berikut :
·       
       
Flash *.swf adalah menghasilkan file*.swf
       (untuk menjalankan nya  dibutuhkan flash player)
  
     
Html *.html
 adlah format file yang diperlukan browser untuk menjalakannya
        Windows Projektor *.exe
 adalah format file yang langsung dapat digunakan.



Wahana training.com
ebook free of charger
Suharyanto, Seri Media Pembelajaran: Pembentukan Objek dan Animasi Menggunakan FlashIlmukomputer.com7 HARI BELAJAR FLASH MX OLEH: ISMA’IL, M.Pd
Alisalim flash 4

......

Posting Komentar

1Komentar

Posting Komentar